Meet ARA, the Modular Phone

Project ARA menjadi perbincangan beberapa waktu terakhir. Ketika pertama kali dikenalkan konsepnya beberapa tahun lalu, saya optimis tentang smartphone berkonsep modular ini. Namun beberapa waktu lalu ketika produk prototipe ini dikenalkan di  Google’s I/O developer conference 2016. Saya sedikit skeptis.

Karena untuk prototipe terakhir, Project ARA lebih cocok disebut sebagai semi-modular phone daripada modular phone. Semoga ini menjadi langkah awal dari HP model bongkar pasang seperti LEGO.

Jika Anda belum tahu apa itu ARA, silahkan ke website resminya Project ARA.

Project ARA dibawah naungan Google ATAP (Google’s Advanced Technology and Projects) sebuah grup yang berisikan teknologi baru yang masih dalam “masa inkubasi” hingga siap dikenalkan. Google ATAP dipelopori oleh mantan direksi DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) bernama Regina Dugan. Yang seperti kita ketahui DARPA adalah milik U.S. Department of Defense.

Sudah pasti orang yang di dalam Google ATAP bukan grup biasa.

Kembali ke Project ARA atau kita sebut ARA saja. Memiliki fokus pada smartphone yang bisa dibongkar pasang. Berikut iklan resmi ARA.

ARA memiliki dua bagian utama. Frame dan modul. Frame sebagai tempat untuk menaruh berbagai jenis modul.

Nah di sinilah letak skeptis saya ketika pertama kali diperkenalkan, CPU dan RAM bisa dibongkar pasang. Tetapi ketika dikenalkan 2016 kemarin, CPU dan RAM tidak bisa diganti, alias permanen di dalam frame. Sehingga yang bisa dibongkar pasang adalah modul pendukung saja seperti speaker, kamera, baterai, media storage, dan beberapa aksesoris lainnya.

Ketika saya cek di situs resminya. Saya bisa melihat menu yang berisikan jenis ketegori modul yang disebut aksesoris untuk perangkat ARA ini.

Jadi bisa dipastikan, generasi pertama ARA tidak bisa bongkar pasang prosesor dan RAM.

Dan saya juga belum mengerti apakah ukuran layar ada dua jenis atau tidak. Atau untuk layar memang disediakan hanya untuk satu jenis. Mengingat tidak semua orang suka smartphone berlajar besar (seperti saya)

.Oh, berikutnya adalah foto-foto Project Ara dari berbagai sumber.

Featured Image was taken from CNET. Recolored and cropped by me.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s